Kata Kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta, Budhayah, yaitu bentuk jamak dari budhi yang berarti budi atau akal.

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak
unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

Dengan demikian budaya dapat diartikan hal-hal yang bersangkutan dengan akal dan cara hidup yang selalu berubah dan berkembang dari waktu ke waktu. Ada pendapat lain yang mengupas kata budaya sebagai suatu perkembangan dari kata majemuk budi-daya yang berarti daya dari budi.

Menurut wawancara saya dengan Ibu RT Perumahan Margahayu Bekasi, budaya atau kebiasaan yang di lakukan warga sekitar sungguh tidak jelas / tidak bisa di tebak , mungkin dikarenakan kemajuan teknologi yang sangat pesat , sehingga mempermudah individu dengan individu lainnya untuk berkomunikasi, tetapi komunikasi disini melalui perantara media elektronik seperti Handphone ataupun Laptop, dan secara tidak langsung menimbulkan efek “Mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat”.

Kemajuan Teknologi ini sungguh sangat memprihatinkan bagi mereka yang tidak bijak dalam menggunakan teknologi, dengan segala sesuatu yang menjadi lebih mudah, interaksi sosial antar tetangga pun mulai memudar, bahkan mereka bisa tidak saling kenal satu sama lain padahal mereka tinggal dalam 1 lingkaran yang sama.

Advertisements